Pembahasan LKS Tema 3 halaman 101-102 Bahasa Indonesia
- PILIHAN GANDA
1. c
Produk yang dita’Tawarkan pada iklan tersebut adalah minuman.
2. d
Keunggulan dari iklan tersebut adalah susu Mleko punya bernaneka rasa.
3. c
Unsur iklan yang ditunjukkan huruf X pada gambar tersebut adalah subjudul.
4. b
Menarik minat masyarakat untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan merupakan tujuan dibuatnya iklan.
5.b
Kata . kunci dalam iklan merupakan kata-kata yang menjadi konsep pokok pada iklan.
6. c
dalam pembuatan iklan dibutuhkan naskah dan sketsa gambar berdasartcan naskah yang telah dibuat.
7 d
Sebuah iklan dikatakan berfungsi dengan baik apabila minat masyarakat tinggi.
8.d
Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard.
9.d
Bahasa dalampembuatan iklan sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan santun.
10. c Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memasang iklan adalah tempat pemasangan iklan yangtepat sasaran, memilih media yang paling cocok untuk iklan, memilih waktu pemasangan iklan, dan membuat perhitungan biaya iklan
II. lsian
1. gambar maupun suara
2. layanan masyarakat
3. kualitas
4. hangat diperbincangkan dan memiliki daya tarik kuat
5. kreativitas
Ill. Uraian
1. lklan adalah pesan mengenai barang atau jasa yang dibuat seseorang atau perusahaan yang disampaikan kepada khalayak ramai melalui media, baik media cetak maupun media elektronik.
2. Berikut ini cara untuk menentukan isi dan keunggulan sebuah iklan.
a. Cermati informasi yang disampaikan dalam iklan dengan saksama, baik berupa gambar atau suara.
b. Perhatikan isi iklan, apakah menawarkan barang,jasa , atau layanan masyarakat.
c. Apabila iklan menawarkan sebuah produk, perhatikan dengan saksama nama dan keunggulan produk tersebut.
d. Perhatikan hal yang membuat iklan tersebut menarik, misalnya gaya atau ucapan tokoh dalam iklan.
3. Kata kunci adalah sebuah kata atau konsep yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan ke informasi lain.
4. Untuk membuat sebuah iklan kita harus mengetahui unsur-unsur iklan terlebih dahulu. unsur-unsur dari sebuah iklan yang terdiri dari headline (judul), subjudul, isi, komposisi warna dan gambar yang menarik, slogan, kalimat iklan, serta nama dan alamat yang dapat dihubungi.
5. Berikut langkah-langkah yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan iklan pada media elektroni, yaitu:
a. Memeriksa kembali naskah iklan yang telah dibuat.
b. Menyiapkan perlengkapan pendukung iklan naskah yang telah dibuat.
c. Menyiapkan para pemeran yang sesuai dengan tokoh-tokoh pada naskah.
d. Berlatih sesuai dengan naskah yang telah