Pembahasan LKS Tema 3 halaman 101-102 Bahasa Indonesia

  1. PILIHAN GANDA

1.  c

Produk yang dita’Tawarkan  pada iklan tersebut adalah minuman.

2.  d

Keunggulan  dari  iklan  tersebut  adalah  susu Mleko punya bernaneka rasa.

3. c

Unsur  iklan   yang ditunjukkan  huruf  X  pada gambar tersebut adalah subjudul.

4. b

Menarik minat masyarakat untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa yang ditawarkan merupakan tujuan dibuatnya iklan.

5.b

Kata . kunci  dalam iklan merupakan kata-kata yang menjadi konsep pokok pada iklan.

6. c

dalam pembuatan iklan dibutuhkan naskah dan sketsa gambar berdasartcan naskah yang telah dibuat.

7 d

Sebuah iklan dikatakan berfungsi dengan baik apabila minat masyarakat tinggi.

8.d

Dalam pembuatan iklan di sebuah media elektronik, diperlukan alat bantu yang dinamakan storyboard.

9.d

Bahasa  dalampembuatan   iklan   sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan santun.

10. c Hal-hal yang perlu diperhatikan untuk memasang iklan  adalah  tempat pemasangan  iklan yangtepat sasaran, memilih media yang paling cocok untuk iklan, memilih waktu pemasangan iklan, dan membuat perhitungan biaya iklan

II.            lsian

1.            gambar maupun suara

2.            layanan masyarakat

3.            kualitas

4.            hangat diperbincangkan dan memiliki daya tarik kuat

5.            kreativitas

Ill. Uraian

1.  lklan  adalah  pesan  mengenai  barang  atau jasa yang dibuat seseorang atau perusahaan yang disampaikan kepada khalayak ramai melalui media, baik media cetak maupun media elektronik.

2.            Berikut ini cara untuk menentukan isi dan keunggulan sebuah iklan.

a.            Cermati informasi yang disampaikan dalam iklan dengan saksama, baik berupa gambar atau suara.

b.            Perhatikan isi iklan, apakah menawarkan barang,jasa , atau layanan masyarakat.

c.             Apabila iklan menawarkan sebuah produk, perhatikan dengan saksama nama dan keunggulan produk tersebut.

d.            Perhatikan hal yang membuat iklan tersebut menarik, misalnya gaya atau ucapan tokoh dalam iklan.

3.            Kata kunci adalah sebuah kata atau konsep yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan ke informasi lain.

4.            Untuk membuat sebuah iklan kita harus mengetahui unsur-unsur iklan terlebih dahulu. unsur-unsur dari sebuah iklan yang terdiri dari headline (judul), subjudul, isi, komposisi warna dan gambar yang menarik, slogan, kalimat iklan, serta nama dan alamat yang dapat dihubungi.

5.            Berikut langkah-langkah yang perlu dipersiapkan dalam pembuatan iklan pada media elektroni, yaitu:

a.            Memeriksa kembali naskah iklan yang telah  dibuat.

b.            Menyiapkan perlengkapan pendukung iklan naskah yang telah dibuat.

c.             Menyiapkan para pemeran yang sesuai dengan tokoh-tokoh pada naskah.

d.            Berlatih sesuai dengan naskah yang telah                             

admin

Rakhmad, S.Pd merupakan guru kelas di MIN 2 Kota Madiun. Masih belajar dengan siapapun dan dimanapun....

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *